Pendaftaran bagi penempatan Dirjen Pajak




Loading..

FAQ


 

F.A.Q
(Frequently Asked Questions)
Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2013


Berapa lama pendaftaran online ini berlangsung?
Pendaftaran Online dapat dilaksanakan mulai tanggal 6 September 2013 sampai dengan 20 September 2013 yang telah ditentukan pada Pengumuman Nomor PENG-03/PANREK/IX/2013.

Bagaimana cara melakukan pendaftaran online?
Anda diharuskan untuk melihat persyaratan yang tercantum dalam Pengumuman Nomor PENG-03/PANREK/IX/2013 serta menyetujui Persyaratan Pendaftaran yang tercantum dalam menu Pendaftaran, apabila Anda memenuhi persyaratan tersebut Anda dapat mendaftar dalam proses Rekrutmen Kementerian Keuangan.

Apakah saya bisa mendaftar dua kali?
Tidak bisa, sistem hanya akan mengijinkan Anda untuk melakukan pendaftaran sebanyak satu kali saja.

Bagaimana dengan konversi nilai IPK bila saya berasal dari universitas Luar Negeri?
Anda harus mengkonversi nilai IPK dengan menggunakan skala 4 atau skala 5.

Transkrip nilai saya terdiri dari 4 lembar. Apakah saya jadikan satu file transkrip nilai tersebut dan diunggah? Saya khawatir transkrip tidak jelas terbaca kalau semuanya saya jadikan 1 file. Atau saya hanya unggah 1 lembar transkrip yang terdapat keterangan nilai IPK saja?
Bila anda mempunyai ijazah/transkip lebih dari 1 lembar / bolak-balik, diusahakan Anda menscan semua lembar ijazah/transkrip nilai Anda, dan tulisan yang tercantum dalam hasil Scan tersebut harus jelas terbaca oleh Kami dan tidak terpotong.

Berapa ukuran maksimal Ijazah yang dapat diunggah/upload?
Ukuran maksimal tidak lebih dari 300KB dan dalam format .PDF serta dapat dibaca (minim reduce file hingga format acrobat reader 5.0).

Apakah artinya kota domisili?
Kota domisili adalah kota tempat Anda menetap/tinggal saat ini.

Apakah username dan password bersifat case-sensitive?
Ya, username dan password bersifat case-sensitive, maka mohon diperhatikan penggunaan karakter yang digunakan (huruf besar, huruf kecil, tanda baca, dsb) harus identik atau sama persis dengan password yang anda buat.

Bagaimana bila pada saat melakukan proses pendaftaran online tiba-tiba koneksi terputus? Apakah data saya hilang?
Proses pendaftaran online harus diulangi. Hak Anda tidak akan hilang selama belum melakukan pendaftaran.

Bagaimana bila saya lupa password?
Aplikasi pendaftaran ini tidak tersedia menu "lupa password", sehingga Anda harus mengingat-ingat kembali username dan password yang digunakan. Pada saat pendaftaran, Anda telah menginputkan password sebanyak 2 kali yang identik, diharapkan Anda telah menuliskan dengan benar.

Apakah saya bisa merubah data diri saya setelah proses pendaftaran online?
Anda dapat merubah data diri apabila Anda belum menyimpan data dengan cara menekan tombol “Simpan”. Mengingat data yang sudah disimpan tidak dapat diubah, diharapkan Anda memeriksa terlebih dahulu data yang sudah Anda input sebelum menyimpannya.

Bagaimana bila Bukti Pendaftaran Online yang sudah saya cetak hilang, apakah saya bisa mencetak ulang? Bagaimana caranya?
Anda bisa kembali mencetak bukti pendaftaran tersebut, dengan memilih menu “Cetak Ulang Bukti Pendaftaran” kemudian login dengan username dan password yang telah Anda buat pada saat pendaftaran.

Bagaimana bila Bukti Pendaftaran Online yang ingin saya cetak tidak muncul datanya?
Anda dapat mencetak kembali melalui menu “Cetak Ulang Bukti Pendaftaran” beberapa jam lagi atau pada saat kondisi server tidak sibuk, dengan login menggunakan username dan password yang telah Anda buat pada saat pendaftaran.

Perlukan saya mengirimkan berkas lamaran (melalui PO BOX/Surat) setelah melakukan pendaftaran online?
Tidak perlu, Bila Anda sudah dapat mencetak bukti pendaftaran online, berarti Anda sudah terdata dalam proses pelamaran rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2013.

Apakah saat ini laman pendaftaran online untuk sedang bermasalah? Karena ketika saya menginput Formulir Pendaftaran selalu menerima pesan error/File tidak dapat diupload?
Bila Anda mengalami hal seperti itu, kami mohon Anda untuk mencobanya beberapa jam lagi atau pada saat malam hari, hal itu terjadi dikarenakan banyaknya calon pelamar yang masuk ke dalam laman kami.

Saya ingin menggunggah/upload berkas tetapi prosesnya lama kemudian terputus. Bagaimana agar proses menggunggah/upload dapat lebih cepat?
Hal tersebut dapat disebabkan karena kesibukan di server kami dan/ atau kualitas jaringan di tempat Anda. Kami menyarankan Anda untuk mencoba mengunggahnya di malam hari atau pada saat laman kami tidak banyak diakses oleh banyak pelamar.

Mengapa kebijakan pada rekrutmen ini harus menggunakan ijazah, mengapa SKL (Surat Keterangan Lulus) tidak bisa?
Ijazah memiliki kekuatan hukum yang kuat dan diakui dalam administrasi Pegawai Negeri Sipil, sebagai bukti hukum bahwa pelamar telah menyelesaikan pendidikannya dengan sah.

Pada persyaratan pendaftaran mewajibkan untuk menunjukkan ijazah asli saat pengambilan TPU (Tanda Peserta Ujian), karena saya saat ini sedang bekerja/menjalani kontrak dengan salah satu perusahaan dan ijazah saya ditahan di perusahaan tersebut. Apakah ada kebijakan yang dapat meringankan saya terkait persyaratan tersebut?
Kementerian Keuangan memang mewajibkan bagi pelamar untuk menunjukkan ijazah asli pada saat pengambilan TPU (Tanda Peserta Ujian), hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi tidak ada bentuk keringanan terkait persyaratan tersebut.

Berapa usia yang dibutuhkan oleh Kementerian Keuangan, karena saya berijazah S1 dengan tanggal lahir 1 Oktober 1985 dan saat ini belum berusia 28 tahun tetapi tidak dapat mendaftar?
Di dalam pengumuman kami syaratkan batas usia per 1 Desember 2013 sebagai berikut:

  1. Sarjana (minimal 18 Tahun dan maksimal 28 tahun):
    Batas usia pelamar dengan tingkat pendidikan Sarjana (S1) adalah pelamar dengan tanggal lahir mulai 1 Desember 1985 s.d. 1 Desember 1995.

  2. DIII Pelayaran (minimal 18 Tahun dan maksimal 35 tahun):
    Batas usia pelamar dengan tingkat pendidikan DIII Pelayaran adalah pelamar dengan tanggal lahir mulai 1 Desember 1978 s.d. 1 Desember 1995.

  3. DIII Umum (minimal 18 Tahun dan maksimal 23 tahun):
    Batas usia pelamar dengan tingkat pendidikan DIII Umum adalah pelamar dengan tanggal lahir mulai 1 Desember 1990 s.d. 1 Desember 1995.

  4. SMK Pelayaran (minimal 18 Tahun dan maksimal 26 tahun):
    Batas usia pelamar dengan tingkat pendidikan SMK Pelayaran adalah pelamar dengan tanggal lahir mulai 1 Desember 1987 s.d. 1 Desember 1995.

  5. SMK Pelayaran dan mempunyai sertifikat ANT/ATT IV (minimal 18 Tahun dan maksimal 30 tahun):
    Batas usia pelamar dengan tingkat pendidikan SMK Pelayaran yang mempunyai sertifikat ANT/ATT IV adalah pelamar dengan tanggal lahir mulai 1 Desember 1983 s.d. 1 Desember 1995.

  6. SMK Umum (minimal 18 Tahun dan maksimal 20 tahun): Batas usia pelamar dengan tingkat pendidikan SMK Umum adalah pelamar dengan tanggal lahir mulai 1 Desember 1993 s.d. 1 Desember 1995.

Apabila pelamar dengan tingkat pendidikan Sarjana (S1) lahir pada tanggal 1 Oktober 1985 maka pelamar tersebut tidak memenuhi persyaratan kami (tidak dapat mendaftar), karena pada saat 1 Desember 2013 nanti akan berusia lebih dari 28 tahun (28 tahun lebih 2 bulan).

Bagaimana sistem penilaian untuk setiap tahapan tes? Apakah menggunakan sistem passing grade? Jika iya, berapa passing grade untuk masing-masing tahapan?
Seleksi yang dilakukan di Kementerian Keuangan menggunakan metode sistem sel, sehingga sistem penilaiannya dilakukan oleh masing-masing Tim Kerja pada setiap seleksi. Passing Grade ditentukan oleh hasil Rapat antara Panitia Pusat dan Tim Kerja yang menangani setiap seleksi.

PERHATIAN
Kelulusan pelamar ditentukan oleh kemampuan/ kompetensi pelamar. Apabila ada pihak yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi CPNS, maka perbuatan tersebut adalah penipuan, dan Kementerian Keuangan tidak bertanggung jawab.
PENTING

Wajib membawa ASLI ijazah, ASLI transkrip dan ASLI sertifikat ANT/ATT III/IV (bagi yang dipersyaratkan), pada saat pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU).